cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Geography
ISSN : 22526684     EISSN : 25490346     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary geography, AP Human Geography, introductory college geography, and preservice methods courses. The journal invites scholarly work in the areas of how students learn and instructors teach by preserving and disseminating research. It is also a forum for discussion of state, national, and international trends in geography education. The journal seeks original manuscripts that contribute to the understanding of issues and topics associated with geography education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 4 (2015)" : 10 Documents clear
EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN BINTANG BERALIH DAN MEDIA GLOBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MENGENAL MATA ANGIN BAGI ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII (C) DI SLB NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN Tomi P, Bella Theo
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media permainan bitang beralih, mengetahui efektivitas media globe terhadap hasil belajar,dengan pokok bahasan mengenal mata angin bagi anak tunagrahita kelas VII (C) di SLB N Tamanwinangun Kebumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental design dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII (C) tunagrahita SLB N Tamanwinangun Kebumen, kelas VII (C) 1 sebagai kelas eksperimen, kelas VII (C) 2 Sebagai kelas kontrol, kelas VII (C) 3 Sebagai Kelas Uji coba (monitoring) di SLB Negeri Tamanwinangun Kebumen.Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa materi mengenal mata angin menggunakan media permainan bintang beralih dan hasil belajar siswa materi mengenal arah menggunakan media globe.Metode pengumpulan data untuk penelitian yaitu metode dokumentasi,tes sedangkan analisis data menggunakan t test. Hasil penelitian, menunjukan bahwa Pembelajaran menggunakan media Permainan Bintang beralih dapat memberikan hasil yang lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan media globe. Media permainan bintang beralih sangat layak digunakan sebagi media pembelajaran dengan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen 79,60 dengan ketuntasan 100 % lebih besar dari pada nilai rata-rata post test pada kelas kontrol sebesar 71,60 dengan ketuntasan 80% dikarenakan 1 siswa tidak mencapai batas KKM 70. Jadi hipotesis penelitian diterima. This research is intended to describe the preparation of effectiveness Shooting star game media, knowing the implementation of globe media on learning outcomes, with learning materials know the wind was the students of VII © Tunagrahita SLB N Tamanwinangun Kebumen. The subject of the research is a research are the entire 7th©was VII (C) 1 In the eksperimen, control group was VII (C) 2 and than class trial VII (C) 3 of  SLB N Tamanwinangun Kebumen. The variable of this research was students learning result in materi know the wind with Shooting star game media and the students learning result in materi know the wind with globe as media. The methods of data collection for this research are tests, and documentation method, while the analysis of the data using t test. The research results show that the Shooting star game media is very suitable to be used as a method of learning social science studies with an average expert cognitive 79,60 with succes 100% greater then the control group was 71,60 with succes 80% because one student cannot reach KKM complete. the hypothesis of the research was accepted.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Susanti, Anis
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model pembelajaran inkuiri sosial dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Tanon Kabupaten, dan 2) hubungan antara aktivitas siswa dalam model pembelajaran inkuiri sosial dengan hasil belajar IPS.Kriteria efektivitas dalam penelitian ini adalah: 1) ketuntasan hasil belajar secara klasikal, 2) ketercapaian aktivitas siswa,dan 3)tanggapan positif siswa terhadap pembelajaran. Desain penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimenyang dilakukan di SMP Negeri 1 Tanon dengan subjekkelas VIII E yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 51,61% sehingga pada kriteria ini belum terpenuhi. Aktivitas belajar siswa  mencapai 68% sehingga masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan tanggapan siswa terhadap pembelajaran masuk dalam kategori baik yaitu 75,97%. Hasil belajar dan aktivitas siswa memiliki hubungan yang signifikan ditunjukkan oleh uji korelasi product moment.Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa dengan aktivitas siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri Sosial belum efektif dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanon tahun pelajaran 2013/2014. This research aimed to know: 1) the effectiveness of social inquiry learning model in grade VIII Junior High School 1 Tanon, and 2) the relations between the activities of students in social inquiry learning model with learning outcomes of social science subject. Criteria of effectiveness on this research are: 1) exhaustiveness of classical learning outcomes, 2) achievement of  students activities, and, 3) positive response of students towards learning. Design of this research is pre-experiment study which was done in Junior High School 1 Tanon with the subject is E eight grade which amounts to 31 students. The results showed that the classical mastery of learning outcomes reached 51.61% so that this criterion has not been met. Activities of students in learning reached 68% so that in the high category. The response of students towards learning in good category is 75.97%. Learning outcomes and student activities have a significant relationship is shown by the results in which the product moment correlation. This means there is a significant relationship between the outcomes of cognitive  students with student activities. It can be concluded that the model of inquiry learning social learning is not effective yet in eighth grade social studies at Junior High School 1 Tanon academic year 2013/2014.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI ATMOSFER KELAS X DI SMA PGRI 1 PATI TAHUN AJARAN 2013/2014 Alfiana, Arin
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran CIRC pada mata pelajaran Geografi materi atmosfer kelas X di SMA PGRI 1 Pati tahun ajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Geografi materi atmosfer di SMA PGRI 1 Pati tahun ajaran 2013/2014 melalui model CIRC. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran CIRC mata pelajaran Geografi materi Atmosfer dan hasil belajar siswa kelas X SMA PGRI 1 Pati tahun ajaran 2013/2014 dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan langkah-langkahnya. 2) Keberhasilan dalam implementasi tersebut ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar ≥ 75 dengan ketuntasan mencapai 78,57 % serta aktivitas siswa berada dalam kategori aktif dan sangat aktif dalam diskusi, presentasi hasil diskusi dan tanya jawab. Terdapat ≥ 50 % siswa yang menunjukkan sangat aktif dan aktif di kelas dan <50 % siswa yang menunjukkan cukup aktif dan kurang aktif  di kelas dalam pembelajaran menggunakan model CIRC This study aims to: 1) Determine the implementation of the CIRC learning model  on Geography subject of atmospheric material in class X of SMA PGRI 1 Pati for 2013/2014 school year. 2) Find out the learning outcomes of class X student on Geography subject of atmospheric material in SMA PGRI 1 Pati for the  2013/2014 scool year through a model of CIRC. The results of the study are as follows: 1) The implementation of CIRC learning model to Geography subject of Atmostpheric material and learning outcomes of class X student of SMA PGRI 1 Pati for the 2013/2014 are better. 2) The success of the implementation of the CIRC learning model is shown by an average of ≥ 75 learning outcomes with completeness reached 78.57% and the activities of the students are in the category of active and very active in the discussion, presentation of the results discussion and debriefing. There are ≥ 50% of students who show a very active and active in the classroom and <50% of students who show qiute active and less active in learning activity using CIRC model.
PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DAN TINGKAT PARTISIPASI SISWA DI SMK N 2 SEMARANG Setyowati, Onny
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan program sekolah Adiwiyata di SMK N 2 Semarang, 2) Tingkat partisipasi siswa dalam pelaksanaan program sekolah Adiwiyata, 3) Peran sekolah terhadap Kelurahan Karangturi sebagai kelurahan binaan SMK N 2 Semarang di bidang lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK N 2 Semarang.  Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Jumlah populasi yaitu 1.259 siswa, maka diambil sampel 10% yaitu 127 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi/pengamatan, angket dengan metode analisis deskriptif sederhana serta deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program sekolah Adiwiyata di SMK N 2 Semarang telah berhasil diterapkan serta telah sesuai dengan kriteria sekolah Adiwiyata menurut Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Partisipasi siswa SMK N 2 Semarang termasuk kriteria sangat tinggi dan tinggi dalam pelaksanaan program sekolah Adiwiyata dengan persentase 95% dan skor rata-rata 122,01. SMK N 2 Semarang telah menjalin kerjasama dengan 13 sekolah binaan dan Kelurahan Karangturi sebagai kelurahan binaan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dari masyarakat dan pemerintah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program sekolah Adiwiyata sudah sesuai dengan standar sekolah Adiwiyata menurut kriteria Kementerian Lingkungan Hidup. The goals of this research are to determine: 1) Implementation of school’s Adiwiyata program at SMK N 2 Semarang. 2) Students participation level in the implementation of school’s Adiwiyata program. 3) School’s participation towards Karangturi Village as an guided village of the environmental program. Population in this research is all students from SMK N 2 Semarang. The sampling technique used is a proportional random sampling.  Total population is 1,259 students; 10% of the sample taken is 127 students. Collecting data techniques are using interviews, documentation, observation / observation, a questionnaire with simple descriptive analysis method as well as a description of a percentage. The results showed that the implementation of school’s Adiwiyata program in SMK N 2 Semarang has been successfully implemented and is fulfilled the requirements of Adiwiyata program stated by the Ministry of Environment. Students’ participation at SMK N 2 Semarang is considered very high with the percentage of 95% and an average score of 122,01 in the Adiwiyata program. SMK N 2 Semarang has established cooperation with 13 partner schools; and the Village Karangturi as a school’s objected village in the framework of environmental protection and management of the public and the government. To sum up, the Adiwiyata program has been run according the requirements stated by the Ministry of Environment.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI MATERI POKOK KONDISI FISIK INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013 Mariyanto, Didik Cahyo
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis dan menguji perbedaan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Geografi; (2) Untuk menganalisis dan menguji perbedaan pengaruh antara peserta didik yang mempunyai kemampuan berfikir kritis tinggi dan rendah (3) Untuk menganalisis dan menguji interaksi perbedaan pengaruh antara model pembelajaran  Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Geografi (2) Terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berfikir kritis tinggi dan rendah terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Geografi (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPS Geografi, dimana nilai rata-rata hasil belajar IPS Geografi. The purpose of this research is: (1) to analyze and test distinction influence kind of Two Stay Two Stray (TSTS) classrooms with kind of conventional classrooms against study result of the students in the subject social class geography; (2) to analyze and influence test difference between students have the ability think critical high and low (3) to analyze and test distinction influence interaction between kind of Two Stay Two Stray (TSTS) classrooms with kind of conventional classrooms. A method of data used method test, method poll, and methods documentation. The result analysis of data with standard significance 5 % can be concluded that that: (1) there are differences influence kind of Two Stay Two Stray (TSTS) classrooms with kind of conventional classrooms against  study result of the students in the subject geography (2) there are differences influence ability think critical high and low against study result of the students in the subject geography (3) there are interaction between the media learning with ability think critical of study result of the geography, social class where average value study result of the geography
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO STREAMING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014 Prasetya, Dhimas Aries
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran Geografi kompetensi dasar sumber daya alam dengan menggunakan media berbasis Video Streaming dibandingkan dengan menggunakan media Slide Power Point pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kendal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kendal sejumlah 101 siswa. Sedangkan populasi yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 dan Sampel dalam penelitian adalah  2 kelompok siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa pelaksanaan dengan menggunakan media pembelajaran dan variabel terikat berupa prestasi belajar. Metode penelitian menggunakan pre experiment design. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, tes, angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase prestasi belajar yang terdiri dari ranah kognitif siswa kelompok eksperimen adalah 81,10 dan kelompok kontrol sebesar 76,69,  dan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 5% dan dk (26) diperoleh nilai  t hitung (1,86) > t tabel (1,71), sehingga berarti hipotesis alternatif  “diterima”. Kesimpulan, pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Video Streaming berlangsung lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan slide power point. This study aimed to determine how the effectiveness of learning basic competencies Geography of natural resources by using media based streaming videos compared to using Slide Power Point media in class XI 1st Kendal  senior high school. Subjects in this study were students of class XI Social 1st Kendal senior high school include of 101 students. While the population used is class XI IPS 1 and the sample is two groups in the study were students of class XI IPS 1 as a control group and the other one an experimental group. The variable in this study is the independent variable in the form of implementation using instructional media and the dependent variable in the form of learning achievement. The method uses a pre experiment research design. Methods of data collection using the documentation, observation, tests, questionnaires. The results showed that the percentage of the learning achievement of students cognitive domain consists of the experimental group was 81.10 and 76.69 for the control group, and the results of the calculation of the t-test with a significance level of 5 % and dk (26) obtained t value (1.86) > t table (1.71), so that means the alternative hypothesis "acceptable". In conclusion, learning to use the media streaming video based learning takes place more effectively than by using power point slides.
PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014 Daryanti, Daryanti
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh lingkungan pendidikan dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII (2) besarnya pengaruh lingkungan pendidikan dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rowokele sebanyak 246 orang dengan sampel 49 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan bentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi ganda yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara lingkungan pendidikan dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rowokele Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 dengan kontribusi sebesar 0.445 atau 44 %. Secara parsial kontribusi variabel lingkungan pendidikan terhadap hasil belajar sebesar 9.67 % sedangkan kontribusi variabel disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 8.64 %. This study aimed to determine : (1) whether there is influence of environmental education and discipline of learning on learning outcomes of students of class VII social studies (2) the influence of education and discipline of learning environments on learning outcomes of students of class VII social studies. This study is a description of the type of correlation. The population in this study were all seventh grade students of SMP Negeri 1 Rowokele as many as 246 people with a sample of 49 students. The research instrument used was a questionnaire with multiple choice. Analysis of the data used in this study is a descriptive analysis of percentages and multiple regression analysis previously undertaken normality test data. The results showed that there is influence between education and disciplined learning environment on learning outcomes IPS seventh grade students of SMP Negeri 1 Rowokele Kebumen Academic Year 2013/2014 with a contribution of 0445 or 44%. Partially contribute to the educational environment variable learning outcomes by 9.67% while the contribution of variable discipline of learning on learning outcomes was 8.64%.
KOMPARASI HASIL BELAJAR PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI KELAS X SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN 2013/2014 Wijaya, Cipta Adi
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Semarang  merupakan salah satu SMA yang memiliki fasilitas cukup memadai. Akan tetapi, pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan media pembelajaran yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan media Macromedia Flash dengan Powerpoint dan mengetahui perbandingan hasil belajar menggunakan media Macromedia Flash dengan  Powerpoint. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 8 Semarang. Kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash) yaitu kelas X B sedangkan yang menjadi kelas kontrol yaitu kelas X D (pembelajaran menggunakan media Powerpoint). Variabel penelitian ini adalah hasil belajar menggunakan media Macromedia Flash dan hasil belajar menggunakan media Powerpoint serta pembelajaran menggunakan Macromedia Flash dan pembelajaran dengan menggunakan Powerpoint pada materi sejarah pembentukan bumi. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, kuesioner, dan tes.  Analisis data hasil penelitian menunjukkan thitung>ttabel yang berarti bahwa hipotesis penelitian diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan hasil belajar geografi pada materi pokok sejarah pembentukan bumi menggunakan media Macromedia Flash lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan media Powerpoint. Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Semarang is one of the high schools have adequate facilities. However, the learning that takes place is still using simple instructional media. This study aims to determine the implementation of learning with Macromedia Flash media with Powerpoint and compare the learning outcomes of media use Macromedia Flash to Powerpoint. Subjects in this study were tenth graders of SMAN 8 Semarang. The experimental group (learning to use Macromedia Flash media) that while the class XB into the control group class XD (learning to use the media Powerpoint). The variables of this study is the result of learning to use Macromedia Flash media and learning outcomes using Powerpoint media and learning using Macromedia Flash and learning to use Powerpoint in the history of the formation of earth materials. Methods of data collection using the methods of documentation, questionnaires, and tests. Data analysis results showed tcount> ttable which means that the hypothesis is accepted. Therefore it can be concluded geography learning outcomes in the subject matter of history of the earth formation using Macromedia Flash media better than the results of learning using Powerpoint media.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI ANTARA MEDIA POWER POINT DAN MEDIA CHART PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013 SMA NEGERI 1 BANJARHARJO, BREBES Kurniasih, Kurniasih
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar geografi materi hidrosfer yang pembelajarannya menggunakan media power point 2) Untuk mengetahui hasil belajar geografi materi hidrosfer yang pembelajarannya menggunakan media chart 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi materi hidrosfer antara pembelajaran yang menggunakan media power point dengan media chart. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Banjarharjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Variabel penelitian: 1) Hasil belajar siswa materi hidrosfer menggunakan media pembelajaran power point. 2) Hasil belajar siswa materi hidrosfer menggunakan media pembelajaran chart. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif persentatif dan uji statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar menggunakan media power point nilai rata-rata kognitif 80,65, sedangkan nilai rata- rata afektif pertemuan I 82,6, pertemuan II 85,1, dan pertemuan III 88,2. 2) Hasil belajar menggunakan media chart nilai rata-rata kognitif 72,60, sedangkan rata-rata nilai afektif pertemuan I 71,5, pertemuan II 76,9, dan pertemuan III 83,1. 3) Uji perbedaan diketahui bahwa t_hitung 4,095  dan  ttabel 1,67, taraf signifikasi 5% dan dk= 33 + 33 – 2 = 64, karena thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Research aims: 1) To assess the learning outcomes of the hydrosphere geography learning materials using medium power point  2) To know the result of that study geography hydrosphere learning material using a media chart 3) To determine differences in learning outcomes between the hydrosphere geography teaching materials using the media power point with media charts. The study population are students of class X SMA Negeri 1 Banjarharjo, Purposive sampling technique using random sampling. Research variables: 1) Student learning outcomes hydrosphere material using instructional media power point. 2) Student learning outcomes hydrosphere material using instructional media charts. Data analysis techniques used are persentatif using descriptive analysis and t-test statistical test. The results showed: 1) The results of learning to use the media power point average cognitive score of 80,65, while the average value of 82,6 affective first meeting, the meeting II 85,1, and meeting III 88,2. 2) The result of learning to use the media charts the average value of cognitive 72,60, while the average value of 71,5 affective first meeting, the meeting II 76,9, and meeting III 83,1. 3) Test the difference is know that t-hitung 4.095 and t-tabel 1.67, 5% significance level and df = 33 + 33 – 2 = 64, because of t-hitung > t-table so that Ho is rejected and Ha sccepted.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PENDAPATAN BERSIH ORANG TUA TERHADAP USIA KAWIN PERTAMA ANAK WANITA DI KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG TAHUN 2013 Cahyani, Dwi
Edu Geography Vol 3 No 4 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perkawinan di Kecamatan Tersono dibandingkan dengan Kecamatan-Kecamatan disekitarnya, yang mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi keluarga terhadap usia kawin anak di Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil dari penelitian adalah (1) Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap usia kawin anak dengan nilai prosentase sebesar 4,3% (2) Kondisi ekonomi keluarga berpengaruh terhadap usia kawin anak dengan nilai prosentase sebesar 11,6%. Sumbangan yang diberikan secara bersama-sama yaitu sebesar 69%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin rendah tingkat pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi keluarga maka kecenderungan untuk menikah di usia muda semakin tinggi. This research is motivated by the number of marriages in the District Tersono compared to sub-sub-district surrounding it’s place, the purpose of this study was to find out the effect of parents level and economic condition of the family to the age of child marriage in the District of Tersono Batang. The method used is descriptive quantitative data collection techniques through questionnaires. The results of the study are (1) the educational attainment of parents affects the age of child marriage with a percentage value 4.3% (2) family economic conditions affect the age of child marriage with a percentage 11.6%. Donation that is given together is 69%. Based on the results of this study, it can be concluded that the lower levels of parental education and family economic condition, the tendency to marry at the young age is getting higher.

Page 1 of 1 | Total Record : 10